RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MI Sunan Kalijaga
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (Sains)
Kelas/Semester : IV/1
Waktu : 1x20 menit
Hari,
Tanggal : Jum’at, 14 Maret
2014
I.
Standar
Kompetensi
3.Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
II.
Kompetensi
Dasar
3.2.
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
I.
Indikator
1. Siswa
mampu membedakan hewan-hewan berdasarkan jenis makanannya
2. Siswa
mampu memberikan contoh hewan-hewan berdasarkan jenis makanannya
3. Siswa
mampu mengidentifikasi ciri-ciri penggolongan hewan berdasarkan jenis
makanannya
II.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan metode
ceramah dan Tanya jawab siswa dapat menjelaskan penggolongan hewan-hewan
berdasarkan jenis makanannya
2.
Dengan metode
diskusi siswa dapat memberikan contoh hewan-hewan berdasarkan jenis makanannya
3.
Dengan metode
diskusi siswa dapat menyebutkan ciri-ciri penggolongan hewan berdasarkan jenis
makanannya
III.
Nilai
Karakter yang dikembangkan
Setelah siswa
mempelajari materi tersebut siswa dapat meneladani sikap rasa ingin tahu
IV.
Materi
Pokok
Penggolongan hewan-hewan berdasarkan jenis
makanannya:
-
Herbivore
-
Karnivora
-
Omnivore
V.
Metode
Pembelajaran
Model : EEK
Metode
Pembelajaran : Diskusi, Tanya
jawab, ceramah, demonstrasi
VI.
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
1. Pendahuluan
‐
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa, absen dan apersepsi untuk mengawali pelajaran
‐
Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisipasi
aktif dalam pembelajaran dan menjelaskan tujuan pembelajaran
|
(5
menit)
|
|
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
-
Guru bertanya
jawab dengan siswa tentang materi penggolongan hewan berdasarkan jenis
makanannya
-
Guru melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
‐
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
diskusi, setiap kelompok berdiskusi
tentang penggolongan
hewan berdasarkan jenis makanannya, herbivora, karnivora dan omnivora
Elaborasi
-
Guru memberikan handout tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya,
herbivora, karnivora dan omnivora
‐
Guru menyuruh
siswa untuk memulai berdiskusi dengan mengerjakan soal-soal yang telah
dibagikan
‐
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan
‐
Guru bersama siswa membahas hasil diskusi kelompok
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
-
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
(10 menit)
|
|
3. Penutup
a)
Guru dan siswa
menarik kesimpulan bahwa :
-
Penggolongan
hewan berdasarkan jenis makanannya dapat digolongkan menjadi 3 jenis yaitu
herbivore, karnivora dan omnivore
b)
Guru
memberikan tes tertulis kepada peserta didik sebagai evaluasi dari
pembelajaran yang sudah dilakukan
c)
Sebagai tindak
lanjut guru memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
d)
Guru
bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan
mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
|
(5 menit)
|
VII.
Penilaian
a.
Teknik penilaian
-
Tes tertulis
b.
Bentuk
instrument
SOAL:
1. Sebutkan dan jelaskan golongan hewan berdasarkan jenis
makanannya!
2. Sebutkan cirri-ciri hewan omnivore!
3. Sebutkan 5 jenis hewan herbivora!
4. Sebutkan 5 jenis hewan karnivora!
5. Sebutkan 5 jenis hewan omnivora!
KUNCI JAWABAN
1.
Golongan hewan
berdasarkan jenis makanannya yaitu :
-
Herbivore yaitu
jenis hewan pemakan tumbuhan
-
Karnivora
yaitu jenis hewan pemakan hewan
-
Omnivore
yaitu jenis hewan pemakan tumbuhan dan hewan
2.
Cirri hewan
omnivore yaitu mempunyai gigi geraham, gigi seri dan gigi taring
3.
Sapi, kuda,
kambing, burung merpati, dan burung beo
4.
Ular, elang,
harimau, serigala dan singa
5.
Musang, tikus,
beruang, ayam dan bebek
CATATAN
:
Nilai
= jumlah skor benar x 20
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial dan untuk
siswa yang memenuhi syarat penilaian KKM adan diadakan pengayaan
VIII. Sumber
Bahan/Alat
1. Buku
paket dan buku penunjang yang sesuai
·
Budi Wiyono,
dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta : Depdikbud
·
Hery Sulistono,
dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI Kelas 4. Jakarta : Depdikbud
2. Gambar,
handout
Yogyakarta, 14 Januari 2014
Mengetahui
Dosen Penguji Mahasiswa
(________________) (________________________________)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar